Diet dengan Buah Naga – Buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Manfaat buah naga untuk diet ini tentunya tidak lepas dari berbagai nutrisi yang dikandungnya.

Diet dengan Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah dari tanaman kaktus ini memiliki kulit bersisik yang berwarna merah muda atau keunguan.

Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri dari dua jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Kandungan gizi buah naga

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Beberapa nutrisi dalam buah naga antara lain:

  • Serat
  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Flavonoid
  • Polifenol

Berkat bahan-bahan tersebut, buah naga memiliki segudang manfaat kesehatan termasuk menurunkan berat badan.

Manfaat buah naga untuk diet

Ada beberapa alasan yang membuat buah naga baik untuk menurunkan berat badan, antara lain:

  1. Mengurangi nafsu makan nafsu

Buah naga merupakan jenis buah yang tinggi serat, sehingga bisa menghasilkan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah lapar dan keinginan untuk ngemil atau makan lebih banyak bisa berkurang.

  1. Kurangi asupan kalori

Salah satu kunci diet sehat adalah dengan mengurangi asupan kalori sekaligus meningkatkan aktivitas fisik agar tubuh dapat mengubah lemak menjadi energi.

Namun, mengurangi asupan kalori dengan mengonsumsi makanan rendah kalori seringkali membuat seseorang lapar, sehingga tergoda untuk makan berlebihan.

Meski termasuk dalam jenis buah yang rendah kalori, namun buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsinya Anda tetap bisa mengurangi asupan kalori tanpa rasa lapar yang berlebihan.

  1. Mengurangi akumulasi lemak perut

Serat buah naga memiliki sifat prebiotik. Jenis serat ini berfungsi sebagai asupan makanan untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa keberadaan bakteri baik dalam usus dapat mencegah dan mengurangi penumpukan lemak perut yang membuat perut tampak buncit. Namun penelitian ini masih sebatas uji laboratorium, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Cara Sehat Makan Buah Naga Untuk Diet

Buah naga memang bisa membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan dan cara penanganannya.

Pilih buah naga yang masih dalam kondisi baik dan tidak terlihat busuk. Ingatlah untuk mencuci buah naga sebelum dipotong dan dimakan.

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi buah naga, seperti memakannya dengan rapi, jus, atau dicampur sebagai hiasan salad buah. Namun, sebaiknya jangan memperlakukan buah naga dengan tambahan gula.

Buah naga mengandung gula alami yang memberikan rasa manis. Menambahkan gula atau pemanis lainnya, seperti sirup, ke dalam olahan buah naga akan membuatnya tinggi kalori, yang dapat berdampak negatif pada diet Anda.

Selain mengonsumsi buah naga, tentunya Anda juga harus rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, serta menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang khasiat atau manfaat buah naga untuk diet Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter Anda juga dapat memberi tahu Anda cara yang benar untuk menurunkan berat badan berdasarkan kondisi Anda. Konsultasikan dengan mengunjungi situs dari plazamedis untuk mendapatkan promo mengenai biaya medical check up.