Cara tepat menggunakan Clickbait – Apakah Anda ingin meningkatkan pemirsa konten Anda? Jika demikian, menggunakan clickbait adalah salah satu caranya. Namun, clickbait yang berlebihan dapat merusak reputasi Anda.

Cara tepat menggunakan Clickbait

Lalu bagaimana cara membuat judul clickbait yang baik sebagai strategi konten?

Anda telah menemukan artikel yang tepat. Kali ini kita akan membahas tentang clickbait secara keseluruhan. Mulai dari pemahaman, kelebihan dan kekurangan, hingga menyusun judul clickbait yang tepat. Mari kita lihat, ayo pergi!

Clickbait adalah judul konten yang dibuat menarik untuk menarik orang agar mengklik konten tersebut. Semakin banyak klik, semakin sukses judul clickbait.

Baca Juga: Mencegah Obesitas Morbid dengan Hidup Sehat

Clickbait kini bisa ditemukan di berbagai konten mulai dari berita, postingan blog, hingga video. Fitur Clickbait antara lain:

  • Judul yang digunakan mengundang rasa penasaran
  • Judul cenderung membangkitkan emosi pembaca.
  • Memuat foto lucu dan berkesan

Beberapa portal berita atau blog sering menggunakan clickbait sebagai strategi content marketing. Contohnya Buzzfeed.

Mengapa Buzzfeed menggunakan judul clickbait di atas?

Pertama, penggunaan daftar pembaca 33 memberikan informasi yang lebih lengkap. Kedua, daftar produk yang terjangkau, di bawah $ 40, akan lebih cocok untuk audiens yang lebih luas. Ketiga, penggunaan kata “cinta” akan menimbulkan emosi positif pada diri pembaca.

Nah, yang semula ditujukan untuk meningkatkan jumlah klik dengan informasi yang relevan dan informatif kini seringkali hanya terfokus pada jumlah klik saja. Akibatnya, banyak judul yang bombastis, tetapi isinya tidak sepenuhnya benar.

Misalnya, Anda akan menemukan sebuah cerita berjudul “Raisa baru saja melahirkan, pidatonya akan mengejutkan dan menggerakkan Anda!” Penasaran, Anda pasti akan membacanya dan menemukan bahwa Anda tidak dapat menemukan kata-kata yang sesuai dengan judul yang Anda harapkan.

Baca Juga: Apa yang dimaksud dengan Server

Bagaimana perasaan Anda setelah membaca? Sedikit mengganggu, bukan? Nah, beginilah perasaan pemirsa saat menemukan judul clickbait yang keterlaluan.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakan clickbait sebagai judul konten untuk bisnis Anda. Teruslah membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca Anda dan dengan informasi yang tepat. Karena reputasi perusahaan Anda dipertaruhkan, lho.

Jadi apa sebenarnya pro dan kontra dari judul clickbait untuk konten pemasaran Anda? Simak pembahasan berikut.

Kelebihan dan kekurangan clickbait

Berikut kelebihan dan kekurangan clickbait:

Manfaat clickbait

  1. Meningkatkan Rasio Klik-Tayang (RKT)

Judul clickbait membuat audiens Anda lebih tertarik dengan klik. Karena mereka tidak hanya penasaran, tetapi mereka juga mengharapkan tanggapan terhadap konten Anda. Faktanya, 8 dari 10 orang akan mengklik judul konten clickbait.

Tentu saja, semakin banyak orang mengklik konten yang dibuat, semakin tinggi rasio klik-tayang (RKT) Anda. CTR yang tinggi menunjukkan bahwa konten Anda relevan dengan kebutuhan audiens Anda.

Pada akhirnya, Google akan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian atau pencarian terkait.

  1. Tingkatkan tampilan halaman

Judul clickbait membuat audiens Anda tertarik untuk membaca atau melihat konten Anda. Pada akhirnya, jumlah tampilan halaman atau jumlah tampilan halaman oleh audiens akan meningkat.

Nah, ketika jumlah tampilan halaman tinggi, konten dianggap bermanfaat bagi pembaca, itulah sebabnya mesin pencari merekomendasikannya di hasil pencarian atau halaman hasil mesin pencari.

Selain itu, clickbait untuk media online seperti BuzzFeed juga efektif menarik pengiklan dengan lebih mudah. Oleh karena itu, penghasilan Anda akan meningkat dengan strategi clickbait yang benar.

  1. Potensi pertukaran sosial

Clickbait juga cukup efektif bagi orang untuk berbagi konten dengan orang lain. Karena dengan judul yang membangkitkan emosi seperti rasa ingin tahu, terkejut dan lain-lain membuat orang tertarik untuk melakukannya.

Anda dapat menggunakan potensi berbagi sosial ini untuk meningkatkan kesadaran merek untuk produk Anda. Jika langkah ini berhasil, Anda masih bisa membuat judul clickbait yang relevan dengan konten.

Di sisi lain, jika clickbait yang Anda buat tidak cukup dibagikan di media sosial, audiens Anda mungkin berpikir bahwa judulnya terlalu berlebihan dan Anda tidak menyebarkan konten yang baik.

Kekurangan Clickbait

  1. Membawa lalu lintas yang tidak pantas

Clickbait dapat menarik lalu lintas dari audiens yang penasaran dengan konten Anda. Namun, audiens ini mungkin bukan audiens yang benar dan oleh karena itu mungkin tidak dapat mengakses halaman pembelian produk.

Jika demikian, upaya peningkatan penjualan melalui strategi content marketing belum maksimal, bukan?

  1. Rasio pentalan yang lebih tinggi

Kelemahan lain dari menggunakan clickbait adalah tingkat bouncing yang tinggi di website/blog Anda. Pasalnya, ketika penonton menyadari bahwa konten tidak sesuai dengan judul, mereka langsung meninggalkannya.

Situs web dengan rasio pentalan tinggi berisi konten yang tidak relevan dengan kueri pengguna. Oleh karena itu, Google tidak akan merekomendasikannya kepada penggunanya, sehingga peringkat pencarian Anda akan buruk.

  1. Citra merek yang berbahaya

Bayangkan membuat clickbait dengan konten pemasaran yang tidak pantas. Misalnya, katakanlah Anda menawarkan promosi tampilan kepada semua pemirsa di bagian judul. Nah, jika publik membacanya, ternyata promosi tersebut hanya berlaku untuk 100 pembeli pertama. Penonton pasti akan merasa seperti kamu hoax, kan?

Jika konten clickbait hanya muncul sekali, pembaca masih bisa memahaminya. Namun tentu saja, jika hal ini dilakukan terus menerus, kepercayaan diri Anda terhadap bisnis Anda bisa berkurang. Akibatnya, reputasi merek Anda dapat memburuk.

Sekarang Anda mengerti bahwa clickbait memiliki pro dan kontra. Jadi bagaimana Anda bisa membuat clickbait yang positif dan dapat ditindaklanjuti untuk strategi pemasaran konten Anda? Kunjungi situs dari Jasa SEO Jakarta untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.